Selasa, 06 Januari 2015

02.49
7
Tepat 5 Januari kemarin, Metro TV menyegarkan tampilan grafis on air. Mulai dari OBB, news banner, news ticker hingga desain promo program. FN Blog katakan tampilan baru kali ini lebih terasa News Channel.

Seperti biasa, Metro TV selalu menyegarkan tampilan on air-nya pada pergantian tahun, bukan momen saat ulang tahun misalnya. Jika sebelumnya pergantian grafis dimulai Februari 2014, tahun ini lebih cepat yakni 5 Januari 2015.

Satu hal yang perlu dicermati, tampilan yang disegarkan kali ini 'mau tidak mau' logo Metro TV naik beberapa inci dan tidak menyatu dengan news ticker lagi. Apa saja yang mendapat update dari tampilan 2015 ini? Berikut ulasannya.

1. OBB, Headline dan Sesaat Lagi
FN Blog menyebut tampilan OBB kali ini lebih News Channel. Sebab, tampilannya yang lebih didasari dengan warna biru gelap dan tidak feminim dari OBB sebelumnya yang didominasi warna putih terang. (Nantikan ulasan lanjutan mengenai OBB ini di artikel berikutnya)

Untuk Headline juga lebih News Channel dan lebih baik dari sebelumnya. Sama halnya dengan tampilan Sesaat Lagi, cukup baik, meski untuk penempatan kalimat (news banner) terkesan padat dan sempit.

2. News dan Programs Banner 
Lagi-lagi FN Blog katakan tampilan news nanner lebih rasa News Channel. Dibanding tampilan sebelumnya yang terlalu terang karena penggunaan warna kuning dan putih, meski ada unsur biru.

Didominasi warna biru putih, tampilan 2015 ini semakin nyaman dipandang karena ada bola dunia berputar. Background bola dunia tersebut berubah warna mengikuti identitas warna program, contoh Metro Kini warna utamanya adalah hijau.

Untuk banner program, kini berada dibawah logo Metro TV yang menyatu dengan news ticker. Selain itu banner LIVE, EXCLUSIVE dan RECODRDED, kini kembali ke sisi kanan layar, tepat diatas logo Metro TV. Menariknya banner twitter program juga ditampilkan diatas logo Metro TV tersebut.

3. News Ticker dan Kode Produksi
Didasari dengan warna hitam, FN Blog katakan newsticker masih cukup baik dari segi tampilan. Perbedaan dari tampilan sebelumnya adalah pemisah antar kalimat yang kini menggunakan garis miring.

Untuk kode produksi masih tampil dengan warna putih. Pada sektor ini FN Blog katakan masih nyaman dipandang.

4. Desain Promo Program
FN Blog katakan lebih smooth dari segi animasi. Masih didominasi dengan warna biru, sektor ini FN Blog bisa katakan selalu baik dari tahun ke tahun.

5. News Studio
Pada dasarnya masih menggunakan konsep sebelumnya yakni dengan background monitor yang cukup banyak. Hanya meja untuk sang presenter yang disegarkan. Untuk Headline News masih setia menggunakan greenscreen. Sementara, untuk program Metro Hari Ini (MHI) dan Prime Time News desain studio berbeda dari yang lain. [ KLIK: Kerennya Tampilan Studio Metro Hari Ini ]

Kesimpulannya, secara keseluruhan tampilan baru Metro TV tahun ini lebih baik dari sebelumnya. Meski Station ID tidak mendapat update 2015, FN Blog mengaku pada sektor ini pantas dipertahankan. Karena Station ID ini mencirikhaskan Indonesia dengan tampilan sebuah kota dan bangunan yang menjadi ikon daerah.

Namun, ada satu hal yang FN Blog sayangkan, yakni credit tittle yang tidak dapat jatah penyegaran tampilan. Padahal sektor ini perlu pembenahan karena tampilannya kurang menarik dan terkesan 'hanya' dimunculkan

Meski demikian, tak berlebihan jika FN Blog secara personal menilai 8 dari 1-10 untuk grafis tahun ini. Cukup cepat bagi stasiun televisi sekelas Metro TV mengganti tampilannya dilayar kaca. Tentu agar pemirsa tidak terlalu jenuh, apalagi pemirsa yang tidak hanya sekedar menonton berita tetapi juga mengamati tampilan on air-nya.

Sukses terus untuk Metro TV bersama tim grafisnya yang selalu kreatif dan inovatif.

Ada pendapat Bro-Sis? Mari diskusikan di kolom komentar :)

7 komentar:

  1. wajah metro tv di 2014 bagus, keren layak menyandang news channel. tapi mengapa tampilannya sekarang jadi berubah-rubah bro?? kayak penempatan sorot kamera. apa karena lagi penyesuaian?? atau apa????

    BalasHapus
  2. rasa-rasanya OBB PRIME TIME NEWS itu mirip JURNAL PETANG BERITA SATU, nih... https://www.youtube.com/watch?v=Eom7qNnBG9s

    BalasHapus
  3. pemisah antar kalimat pada newsticker sekarang bukan garis miring lagi, tetapi lingkaran warna putih.

    BalasHapus
  4. iya bro kembali lagi seperti sebelumnya

    BalasHapus
  5. mulai 9 feb 2015, font pada running text metro tv berubah semula font DIN menjadi Myriad Pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank's bro atas infonya, yap direvisi menggunakan Myriad Pro

      Hapus