Kamis, 11 Juli 2013

01.42
Menyambut Ramadan 1434 H, Metro TV kembali dengan nuansa khas Ramadan dalam tayangan-tayangannya. Tahun ini Metro TV hadir dengan tema yang tidak asing lagi terdengar oleh saya, yakni Rahmat Semesta Alam. Mengapa saya katakan tidak asing lagi? Sebab tema Ramadan Metro TV kali ini sama dengan tema Ramadan pada tahun 2009 atau 1430 H. Memang setiap tahunnya Metro TV selalu hadir dengan tema yang berbeda, entah kenapa tahun ini sama dengan tahun 2009. Sebelum membahas hal ini lebih jauh, berikut saya tampilkan tema Ramadhan Metro TV dari tahun ke tahun yang saya ikuti sejak tahun 2007.



1.       1428 H (2007) : Semesta Bertasbih
2.       1429 H (2008) : Buka Mata, Buka Hati
3.       1430 H (2009) : Rahmat Semesta Alam
4.       1431 H (2010) : Berkah Karunia Ramadan
5.       1432 H (2011) : Berkah Cahaya Ramadan
6.       1433 H (2012) : Kemuliaan Ramadan
7.       1434 H (2013) : Rahmat Semesta Alam

Tema Ramadan kali ini selain dari penamaan yang sama, logo pun saya anggap cukup mirip. Keduanya (tahun 2009 dan 2013) sama-sama menampilkan Bulan Sabit. Saya rasa cukup pas, karena setiap penentuan awal Ramadan kita selalu menunggu bulan sabit baru alias hilal kan?

Lalu mengapa tema tersebut sama di selisih tahun yang terpaut jauh? Apakah tim Metro TV kehabisan ide dengan kembali menggunakan tema Rahmat Semesta Alam seperti tahun 2009?
Ini jawaban saya, pada tahun 2012 tema Ramadan Metro TV yang bertajuk Kemuliaan Ramadan ternyata sama dengan tv sebelah, sebut saja ‘tv Rajawali’. Mungkin ini hanyalah kebetulan saja, bisa juga tim kedua TV ini sedang punya pemikiran yang sama di tempat berbeda. Dan untuk menghindari kesamaan tema tersebut, Metro TV menggunakan tema Rahmat Semesta Alam. Dan betul saja, ‘tv Rajawali’ kembali menggunakan tema Kemuliaan Ramadan untuk tahun ini.
Lalu kenapa Rahmat Semesta Alam yang dipilih? Kenapa tidak Berkah Cahaya Ramadan dll. yang pernah digunakan Metro TV di tahun-tahun sebelumnya?
Menurut saya, jika Metro TV kembali menggunakan tema Berkah Cahaya Ramadan atau Berkah Karunia Ramadan saya rasa menyerupai tema tv sebelah lain, sebut saja ‘tv 77’, yang sudah menggunakan tema Berkah Ramadan setiap tahunnya. Jika Metro TV menggunakan tema Buka Mata, Buka Hati, saya rasa kurang pas dan ‘mengena’ untuk nuansa Ramadan. Dan jika menggunakan tema Semesta Bertasbih, saya rasa tidak terlalu berbeda dengan sebutan Rahmat Semesta Alam.

Nah itulah, seputar pembahasan mengenai Tema Ramadan Metro TV sekaligus segi penamaannya. Ingat ini hanya pendapat saya aja ya sob, yang mungkin di lain hari ada yang membenarkan soal penamaan yang sama ini. Oh ya, soundtrack Ramadan Metro TV kali ini menggunakan lagu Opick yang berjudul Keagungan. Terakhir, program khas Ramadan Metro TV tiap tahunnya ada Tafsir Al-Mishbah, Sukses Syariah, dan Inspirasi Ramadan. Program-program ini hadir dalam program spesial sahur yang tayang mulai pukul 03.05-05.00 WIB. Dan Oase Ramadan yang untuk tahun ini hadir mulai pukul 16.05 WIB. hingga Jelang Berbuka Puasa.

Semoga bermanfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar