Sabtu, 16 Maret 2013

11.50
5
11 Maret 2013, Metro TV secara resmi merilis ‘tampilan’ barunya. Rumor tampilan ini memang sudah mencuat dari beberapa karyawan maupun presenter Metro TV yang saya ikuti melalui jejaring sosial, sejak 2 minggu sebelum peluncuran tampilan baru Metro TV ini. Karyawan dan Presenter Metro TV tersebut sudah mengupload beberapa ‘kode’ gambar yang mengindikasikan bahwa layar Metro TV akan hadir dengan tampilan baru. Ini pun juga terlihat dari promo yang sudah hadir sejak Sabtu, 9 Maret 2013. Di promo itu mengatakan, “Temukan yang Baru di Metro TV, segera.” Semakin yakinlah saya bahwa Metro TV akan hadir dengan tampilan baru.

Sebelum merilis tampilan baru ini Pemimpin Redaksi Metro TV, Putra Nababan pagi harinya sempat diwawancarai oleh Maria Kalaij dalam program 8-11 Show. Perbincangan ini terkait peluncuran tampilan baru Metro TV. Dari sini pula saya tahu bahwa, peluncuran tampilan baru itu akan dimulai pada sore hari, pukul 17.00 WIB. Putra mengatakan bahwa tampilan baru ini untuk menyambut tahun politik 2013 ini dan tahun pemilu 2014, dengan kekuatan inilah nantinya Metro TV bisa menyiarkan rangkaian berita dan informasi yang lebih akurat dan bisa diterima oleh masyarakat. Selengkapnya perbincangan ini bisa Anda simak Youtube, yang sudah saya rekam sebelumnya.
Tepat pukul 17.00 WIB tampilan baru itu tayang di layar Metro TV. Diawali program Metro Hari Ini, lalu Headline News, Metro Sport, dan seterusnya hingga keesokan harinya, seperti Metro Malam, Metro Pagi, Sport Corner (segmentasi berita olahraga dalam Metro Pagi), Editorial Media Indonesia, dan paling bontot, Metro Siang. Perubahan tampilan ini meliputi, OBB, News Banner, News Ticker, Credit Tittle, yang paling utama adalah News Studio yang terlihat lebih nyata dan tidak memakai layar hijau (green screen) lagi. Namun, ada juga program yang masih menggunakan layar hijau ini untuk siarannya, seperti program Top News dan Belahan Dunia. Tampilan News Studio baru ini adalah studio lama yang disulap atau dimodifikasi, dibuat sedemikian rupa agar terlihat modern, dinamis, dan pastinya mencirikhaskan Metro TV sebagai News Channel.
Sekilas jika Anda jeli, tampilan studio baru ini menyerupai tampilan studio prime time news sebelumnya yang masih menggunakan layar hijau.
OBB Metro Pagi, Metro Siang, Metro Hari Ini, dan Metro Malam terlihat lebih berwarna, dengan mengidentitaskan warna tertentu disetiap programnya, contohnya pada OBB Metro Pagi dominan warna OBB-nya adalah warna biru muda, sedangkan Metro Siang adalah warna kuning, lalu Metro Hari Ini dengan warna biru tua, dan Metro Malam warna ungu. OBB dengan identitas warna seperti ini mengingatkan kita pada grafis OBB Metro TV sebelum 13 Februari 2012 kebelakang.
Soundtrack OBB dari Metro Pagi, Metro Siang, Metro Hari Ini, dan Metro Malam dibuat sama, ini tergolong baru menurut saya, karena sebelumnya Metro TV tidak pernah menggunakan soundtrack yang sama untuk seluruh program beritanya, soundtrack program berita Metro TV dibuat berbeda, namun kali ini dibuat sama, yang hanya sebatas di program Metro Pagi, Metro Siang, Metro Hari Ini, dan Metro Malam. Headline News pun juga mendapat perubahan soundtrack, saya sudah mengkonfirmasi kepada mas Gunawan Syarifuddin, karyawan Metro TV yang juga menangani grafis-grafis Metro TV. Saya menanyakan kenapa program Headline News diubah soundtracknya karena setahu saya soundtrack Headline News tidak diubah untuk mencirikhaskan sendiri program Headline News itu sendiri, sehingga orang yang baru mendengar musik itu, akan segera tahu kalau itu adalah program Headline News Metro TV dan Soundtrack Headline News pun baru mendapat perubahan pada 20 Mei 2010 setelah mengudara selama 10 tahun, dan kini diubah kembali. Mas Gunawan menjawab, “musik Headline diganti karena kita lagi branding jingle 4 ‘nada sakti’ di ending bumper bulletin dan station ID.” Kesimpulannya soundtrack Headline News, Metro Pagi dst. dibuat sama untuk mengidentitaskan Metro TV itu sendiri. Jika Anda menyimak Station ID Metro TV yang sekarang, perhatikanlah nada terakhirnya, itulah yang menjadi ikon soundtrack news program Metro TV saat ini.

Untuk News Banner terlihat lebih manis dengan sentuhan warna putih-orange (headline news), putih-biru (all program), sementara untuk Metro Sport juga mendapat ‘jatah’ News Banner, yang di dominasi warna kuning-putih. Credit Tittle juga diperbarui, sehingga terlihat lebih rapi dengan sentuhan warna biru muda.  Metro TV tak lagi mendominasi grafisnya dengan unsur Round Single Corner Rectangle atau kotak dengan satu sudut membulat di salah satu sikunya, kali ini difokuskan bentuk kotak-kotak.

Memang hanya beberapa program yang bisa merasakan tampilan baru itu, Prime Time News, Top News, 8-11 Show, Wide Shot, Suara Anda, Belahan Dunia, World News hanya merasakan perubahan pada studio dan News Bannernya. Mungkin karena beberapa program tersebut termasuk program baru dan ada yang baru ganti OBB-nya beberapa waktu lalu, jadi masih dipertahankan.
Sebuah tampilan baru yang lebih segar, simple, namun cukup memanjakan mata menurut saya. Memang tidak ada permainan grafis yang berlebihan pada sejumlah tampilannya, seperti News Banner atau Banner nama program beritanya. Tentu pihak Metro TV juga punya alasan tersendiri mengenai perubahan tampilan ini, memang tidak keseluruhan programnya yang di ubah, namun perubahan tampilan ini bisa menjadi daya tarik untuk pemirsa Metro TV yang tak hanya menyimak berita, namun menikmati  sebuah pembawaan berita dengan nuansa baru, studio baru, tampilan baru. Tak kalah penting  juga didukung penyiar yang berkompeten, teamwork yang ahli dibidangnya, dan perangkat-perangkat penyiaran terkini yang membuat pemirsanya betah nonton siaran Metro TV.

5 komentar:

  1. mas fachri, banyak video metro tv mas di youtube di upload ulang sama akun Edi Magneto nih salah satunya https://www.youtube.com/watch?v=3Lfnxd3aVHI

    kacau mas gak pake sumber video dari mas fachri lagi.... ckckckck

    BalasHapus
  2. Kenapa Tampilan Barunya Tayang Setelah Wideshot?
    Karena Jam 17:00 WIB Tampilannya Berubah

    BalasHapus
  3. Kalau semua Obb dan Ident Metro TV ada di Amirul Zylfiansyah

    BalasHapus
  4. Mas, sejak 25 November 2020, Metro TV kembali menggunakan soundtrack yang berbeda untuk setiap program buletinnya, kembali kayak dulu lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sejak 17 Oktober 2022, musiknya disamakan lagi.

      Hapus