Selasa, 04 Februari 2014

01.50
4
Mengawali Tahun Kuda Kayu, pada Senin (3/2/2014) Metro TV hadir dengan nuansa berbeda, baik tampilan di layar kaca maupun news program. Mulai dari grafis Station ID, OBB, Newsticker, News Banner, Studio, dan Musik semuanya dihadirkan dengan nuansa baru.

Meski ada beberapa program yang 'tidak kebagian' mengganti grafis. Kali ini Metro TV memfokuskan grafisnya dengan bentuk segienam atau 'sarang lebah'.

- Station ID

Untuk tampilan Station ID cukup menarik karena cukup banyak objek yang digunakan. Yang membedakan adalah, durasi Station ID Metro TV kali ini cukup lama. Namun, efek suara 'Elang' kini sudah tidak ada.

- OBB dan Musik

OBB secara keseluruhan tampil dinamis dan tetap enak dipandang. Tampilan program buletin masih dipadukan dengan warna berbeda, sesuai dengan waktu tayangnya.

Sedangkan program Headline News, 8-11, Sisi Berita, Indonesia Memilih, dan Wide Shot punya tampilan berbeda. Lebih banyak objek dan pemilihan warna juga lebih gelap.

Untuk musik OBB secara keseluruhan masih sama dengan tampilan sebelumnya, masih menggunakan 'nada sakti' alias nada identitas. Hanya Headline News yang dapat perubahan musik OBB. Musik Headline News sekarang sebenarnya adalah musik yang dipakai dalam program Breaking News.

- Newsticker, News Banner dan Credit Tittle

Untuk Newsticker masih setia dengan warna biru. Yang membedakan dari tampilan sebelumnya adalah penempatan jam yang kini berada di sebelah kiri, sama seperti tampilan 2 tahun yang lalu. Selain itu, info valas yang berdampingan dengan jam dilenyapkan.

News Banner didominasi warna kuning, meski dipadukan pula dengan warna putih. Uniknya, banner LIVE pun kini berdampingan dengan News Banner, tidak lagi 'nebeng' dengan banner program. Selain itu, lokasi tempat pun kini juga disertakan ketika LIVE Report. Sayangnya, tulisan LIVE-nya terlihat kecil.

Sementara, Credit Tittle tampil benar-benar baru dan tidak kaku. Pasalnya credit tittle yang tayang di closing ini bergerak ke atas dan menyatu dengan logo Metro TV.

- Studio

Untuk program buletin, tidak menggunakan greenscreen lagi. Kali ini News Studio Metro TV menggunakan studio 'nyata', meski terkesan gelap. Ya, seolah-olah hanya terlihat layar besar dan LCD TV yang 'mengambang' di udara.

Secara keseluruhan, tampilan News Studio ini tampil modern. Selain itu, konsep ini benar-benar berbeda dari sejumlah News Studio TV nasional.

Adapun yang masih menggunakan greenscreen diantaranya program Headline News, Wide Shot (situasional), Indonesia Memilih, Sisi Berita, dan World News.

4 komentar:

  1. per 7 februari 2014, judul berita pada newsbanner menjadi warna biru.
    btw, font newstickernya udah ganti lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, sekarang ini ada beberapa tampilan yang diubah. Diantaranya, Font dan Warna Banner Berita (ada unsur biru), Font pada Banner Program, Font dan Warna Newsticker, Credit Tittle diperluas, dan Banner LIVE yang tidak memakai gambar parabola lagi.

      Perubahan juga dilakukan pada program2 talkshow, seperti OBB dan Banner-nya. Untuk tambahan lainnya nanti saya bahas lagi dan silahkan berkomentar jika ada kekurangan dari yang saya sebutkan di atas.

      Hapus
    2. oh iya, tulisan LIVE pada wide shot belum berubah, masih sama, di atas nama programnya.

      Hapus